Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Agama Islam




Rumusan tentang visi, misi dan Karakteristik Mutu Pendidikan Islam sangat perlu di teliti, dibahas dan dipahami oleh Insan Pendidik, karena ia akan menjadi arahan, langkah serta standar di dalam pendidikan Islam. Kata visi berasal dari bahasa Inggris, vision yang berarti penglihatan daya lihat, pandangan, impian atau bayangan. Penyusunan visi dan misi perlu mempertimbangkan berbagai masukan dari stakeholders internal maupun eksternal, lulusan dan dosen. Strategi pencapaian telah meliputi tridarma perguruan tinggi. Adanya komitmen pimpinan, baik tingkat fakultas maupun universitas dalam mendukung program-program kegiatan untuk merealisasikan tercapainya visi dan misi.

VISI

Visi Prodi Pendidikan Pendidikan Agama Islam STAI Al-Amin Dompu adalah “Menghasilkan lulusan PAI yang unggul dalam ilmu pengetahuan, berlandaskan nilai-nilai Islam, dan berkontribusi positif terhadap pembangunan karakter, moral, dan pendidikan berkelanjutan Pada Tahun 2026”.

MISI

Dalam rangka merealisasikan visi di atas, dirumuskan misi Pendidikan Agama Islam STAI Al-Amin Dompu sebagai berikut:

1. Pengembangan Ilmu Pengetahuan: Memberikan pendidikan PAI yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dalam rangka menghasilkan lulusan yang kompeten

2. Penguatan Karakter Islami: Menanamkan nilai-nilai Islam, etika, dan moral dalam setiap aspek pembelajaran sehingga lulusan menjadi individu yang berintegritas, bertanggung jawab, dan berkepribadian Islami.

3. Penelitian: Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak pada peningkatan pemahaman dan praktik keagamaan serta kontribusi positif dalam masyarakat

TUJUAN

Ada empat tujuan ProdiPendidikan Agama Islam STAI Al-Amin Dompu, yaitu:

a. Menghasilkan lulusan yang mampu mengajar Pendidikan Agama Islam dengan kualitas akademik dan pedagogis yang tinggi.

b. Membentuk individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang ajaran Islam dan mampu mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

c. Melaksanakan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam.

d. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pembangunan karakter, moral, dan pemahaman agama di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar